Tarif Angkot di Kendari Naik hingga 45 Persen

angkotmogokdikotakendari

“Sudah ada kesepakatan antara pemerintah dan Organda bahwa untuk umum yang tadinya Rp 2.500 kini dinaikkan menjadi Rp 4.000. Sementara untuk mahasiswa/pelajar yang tadinya Rp 1.500, kini menjadi Rp 2.500,” jelas Sabang, Senin.

Menurutnya, kenaikan tarif angkutan tersebut sudah sesuai dengan kebijakan kenaikan harga BBM dari Rp 4.500  menjadi Rp. 6.500 per liter untuk premium.

“Kebijakan tersebut sudah sesuai dengan kondisi saat ini, sebab  jika tarif angkutan umum tidak dinaikkan, maka kami juga sopir akan setengah mati memenuhi kebutuhan kami, sementara harga kebutuhan di pasaran juga pasti sudah naik,” ujarnya.

sumber :

apakah kehidupan sopir angkot menjadi lebih baik? atau malah pemilik angkot yang makin diuntungkan?

mari kita telaah lebih jauh.

kalau mau arif sebaiknya ongkos angkot dalam kota kendari itu naiknya harusnya sebesar antara 20 s/d 22 persen saja. sejatinya naiknya premium atau bahan bakar tsb tidak begitu besar mempengaruhi penurunan pemasukan sopir angkot. justru kenaikan sparepart biasanya lebih cendrung punya pengaruh besar atas kelangsungan hidup bisnis ini.

dengan harga atau ongkos angkot yang mencapai 4000/org, maka warga kota akan lebih memilih naik ojek yang kisarannya kurang lebih sama, antara 4000 dan 5000 sekali angkut. disini angkutan ojek jelas lebih punya kelebihan dibandingkan angkot. penumpang tidak harus menunggu lama, belum lagi kalau sopir nungguin calon peunumpang yg masih 100 meter dari jalan dan lain sbgnya.

perlahan namun pasti pilihan untuk angkot akan segera tergeser, ini bisa dilihat bagaimana tingkat angkut di mobil angkot dalam kota kendari yg tidak selalu penuh sama seperti beberapa tahun-tahun yg lalu.

ujung2nya sopir akan kekurangan penghasilan. secara matematis angkot sebenarnya bakal merugi. sebagai contoh. trayek 1b yg melalui jalur kota lama hingga kampus baru. dalam keadaan normal saat ini, angkot hanya bisa mengantar penumpang tidak lebih dari 5 orang/angkotnya dengan asumsi tarif saat ini berarti pemasukan sopir untuk rute sejauh kurang lebih 15km itu hanya sebesar 20.000. padahal diwaktu tahun sebelum tarif dinaikan, penumpang dalam angkot untuk trayek yang sama bisa mencapai 10 orang. artinya angkot lebih untung dengan 25.000 sekali trayek.

naiknya BBM imbasnya ke tarif angkot, begitu tarif angkot dinaikan maka sub sektor rill usaha kecil lainnya yg banyak menggunakan jasa angkot akan ikut menikan harga komoditinya. begitu selalu alasan yg dipakai oleh pedagang kecil untuk menaikan harga2 komoditinya.

sebaiknya pemkot dan organda mengkaji ulang kenaikan tarif angkot di kota kendari dikisaran 3000 s/d 3.5000. dan pemkot harusnya perbanyak bus damri jalur dalam kota untuk warga miskin.

maka, siap siaplah menghadapi kematian bisnis angkot dalam kota.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s